Elemen-Elemen Urgen Strategi Pemasaran Perusahaan

 
Elemen-Elemen Urgen Strategi Pemasaran Perusahaan
Elemen-Elemen Urgen Strategi Pemasaran Perusahaan – Dalam menentukan strategi khususnya berkaitan dengan pemasaran, pihak manager perusahaan membuat tiga macam keputusan. Keputusan tersebut terdiri dari:

a. Konsumen mana yang dituju.

Tahap pertama dalam perumusan strategi pemasaran adalah menentukan konsumen yang dituju. Konsumen yang dituju merupakan individu-individu yang harus dilayani oleh perusahaan. Pada kenyataannya, tidak mungkin perusahaan benar-benar bisa memuaskan setiap konsumen. Pendekatan yang paling baik adalah dengan menentukan kelompok-kelompok tertentu yang dituju dan menentukan bauran pemasaran yang dapat memenuhi keinginan mereka.

b. Mengidentifikasi keinginan konsumen.

Setelah menentukan konsumen yang dituju, tahap selanjutnya adalah memenuhi keinginan mereka. Strategi pemasaran yang efektif memerlukan suatu pengetahuan tentang keinginan konsumen yang ditujukan terhadap manfaat produk. Dalam hal ini pengumpulan informasi tentang keinginan konsumen tersebut dapat diperoleh melalui riset pemasaran. Dengan riset pemasaran manajer akan lebih mudah dan lebih tepat dalam menentukan keinginan konsumen.

c. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Bauran pemasaran ini merupakan variabel -variabel yang dipakai perusahaan sehingga sarana untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen. Variabel-variabel yang terdapat di dalamnya adalah :
  1. Produk; yaitu segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan, atau dkonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.
  2. Harga; merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa.
  3. Distribusi; adalah rangkaian perantara, baik yag dikelola pemasaran maupun yang independent, dalam menyampaikan barang dari produsen ke konsumen.
  4. Promosi; merupakan salah satu variabel marketing mix yang digunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya, sehingga promosi bisa dikatakan sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. 
Beberapa kegiatan yang ada dalam elemen promosi ini ada empat yakni:

a) Periklanan

Periklanan ini merupakan salah satu kegiatan promosi yang banyak dilakukan oleh perusahaan maupun perseorangan. Jadi periklanan adalah komunikasi non individu, degan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan, lembaga non – laba.

b) Personal Selling

Interaksi antar individu, saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai, atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain adalah merupakan kegiatan dari personal selling.

c) Promosi Penjualan

Promosi penjualan hanya merupakan satu kegiatan dalam promosi yang di dalamnya perusahaan menggunakan alat -alat seperti, peragaan, pameran, demonstrasi, hadiah, contoh barang dan sebagainya.

d) Publisitas

Publisitas ini hampir sama dengan periklanan, publisitas ini merupakan salah satu kegiatan promosi yang dilakukan melalui suatu media. Namun informasi yang tercantum tidak berupaiklan tetapi berupa berita, misalnya surat kabar, majalah, dan lain sebagainya.

5) Sumber Daya Manusia

Berfungsi sebagai penyedia layanan (service provider) yang sangat berpengaruh pada kualitas jasa yang diberikan kepada konsumen, meliputi seleksi, training, motivasi, dan manajemen sumber daya manusia.

6) Proses

Merupakan gabungan dari semua aktivitas, biasanya terdiri dari prosedur, jadwal, pekerjaan, mekanisme, aktivitas, dan hal-hal rutin lain dimana jasa dihasilkan dan disampaikan perusahaan pada konsumen.

7) Pelayanan Konsumen

Meliputi semua aktivitas untuk memberikan kegunaan waktu dan tempat (time and place utilities) termasuk pelayanan pra -transaksi (sebelum transaksi), saat transaksi dan pasca transaksi (sesudah transaksi). Pelayanan diberikan pada konsumen untuk mencapai kepuasan konsumen.

Demikian rangkuman elemen-elemen strategi pemasaran perusahaan. Jadi, selain mengambil tiga keputusan penting, manager juga perlu menentukan bauran pemasaran yang tepat.