Apa itu Bauran Pemasaran?


Apa itu Bauran Pemasaran?Bauran pemasaran yang populer dengan sebutan marketing mix merupakan salah satu konsep strategi pemasaran yang berperan penting dalam mempengaruhi konsumen agar dapat membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Untuk lebih jauh memahaminya, berikut pendapat para ahli menyangkut definisi bauran pemasaran. 

Marketing mix is good marketing tool is a set of products, pricing, promotion, distribution, combined to produce the desired response of the target market – bauran pemasaran adalah alat pemasaran yang baik yang mencakup produk, penetapan harga, promosi, distribusi, digabungkan untuk menghasilkan respon pasar sasaran yang diinginkan (Kotler & Amstrong, 2012)

Bauran pemasaran kerap disebut dengan istilah “4P” karena komponen yang membangunnya ada empat terdiri dari: produk (Product), harga (Price), tempat (Place) dan promosi (Promotion). Dari sudut pandang penjual, 4P tersebut adalah perangkat pemasaran yang tersedia untuk mempengaruhi pembeli. Sementara dari sudut pandang pembeli, 4P merupakan perangkat pemasaran yang dirancang untuk memberikan manfaat bagi pelanggan atau konsumen.

Pendapat lain dengan redaksi yang berbeda, bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat variabel atas kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi (Basu Swastha, 2002) atau didefinisikan sebagai strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing dengan tujuan mencari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan (Buchari Alma, 2007).

Bauran Pemasaran 7P

Dengan berkembangnya konsep pemasaran, bauran pemasaran pada produk barang yang kita kenal selama ini berbeda dengan bauran pemasaran untuk produk pelayanan atau jasa. Berbeda dari jumlah komponen yang membangunnya namun hakekatnya terdapat tiga unsur yang ditambahkan yakni  Bukti Fisik (Physical Evidence), Proses (Process) dan Orang (People). S
ehingga menjadi 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical evidence, dan Process).

Penambahan tiga unsur oleh para ahli tersebut berhubungan dengan sifat jasa dimana tahapan operasi hingga tahapan konsumsi merupakan suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan, serta mengikutsertakan konsumen dan pemberi jasa secara langsung. Dengan kata lain, terjadi interaksi langsung antara keduanya - meski tidak untuk semua jenis jasa. Sebagai suatu bauran, unsur-unsur tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Ini berarti bahwa bila salah satu unsur tidak tepat pengorganisasiannya akan dapat mempengaruhi strategi pemasaran secara keseluruhan sehingga harus diupayakan untuk menghasilkan suatu kebijakan pemasaran yang mengarah kepada layanan efektif dan kepuasan konsumen (customer satisfaction).

Dari definisi bauran pemasaran menurut para ahli di atas dapat diambil kesimpulan bahwa bauran pemasaran (marketing mix) adalah alat pemasaran yang baik yang berada dalam suatu perusahaan, dimana perusahaan mampu mengendalikannya agar dapat mempengaruhi respon pasar sasaran.